Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Rp 154 Triliun untuk Bayar Utang Negara

Kompas.com - 15/08/2014, 15:52 WIB
Suhartono,
Estu Suryowati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan besarnya utang, pemerintah pada tahun depan menyiapkan dana sebesar Rp 154 triliun untuk membayar bunga kewajjiban tersebut.

Dalam pidatonya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengklaim bahwa pemerintah selama ini berhasil melakukan strategi pengelolaan utang. Hal itu tecermin dari turunnya rasio pembayaran bunga utang terhadap keseluruhan APBN, dari tahun lalu 14,9 persen menjadi 10,6 persen.

"Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir ini, kita telah berhasil melakukan strategi pengelolaan utang negara yang, salah satunya ditunjukkan melalui penurunan rasio pembayaran bunga utang terhadap Belanja Pemerintah Pusat," ujarnya Jumat (15/8/2014).

Hari ini Presiden SBY menyampaikan pidato RAPBN 2015, yang berisi mengenai target pendapatan dan belanja negara. Presiden sebelumnya juga menyampaikan pamit, karena pidato penyerahan draft APBN di parlemen kali ini adalah yang terakhir kalinya dalam masa jabatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com