Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Izinkan Lenovo Akuisisi "Low-end Server" IBM

Kompas.com - 18/08/2014, 10:52 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com -
Badan regulator Amerika Serikat (AS) memberikan lampu hijau kepada Lenovo Group Ltd untuk mengakuisisi bisnis server low end milik International Business Machines Corp (IBM) senilai 2,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2,69 triliun (kurs 1 dollar AS = Rp 11.700). Persetujuan dari Komite Investasi Asing AS dibutuhkan lantaran server IBM digunakan dalam jaringan Pentagon.

Menurut sumber Reuters, Lenovo telah melalui uji seleksi yang dilakukan oleh Cifus tiga kali. Ini adalah sebuah lembaga yang diketuai oleh Menteri Keuangan AS.

Tugasnya adalah mengkaji setiap transaksi bisnis yang berpotensi untuk mengancam Amerika Serikat di bawah kendali asing. Lembaga tersebut juga menilai setiap transaksi yang melibatkan perusahaan milik negara.

Review yang dilakukan oleh Cifus membutuhkan waktu selama 150 hari. Cifus menyodorkan ratusan pertanyaan terutama terkait perawatan server IBM dan akses Lenovo terhadap Departemen Pertahanan dan Keamanan dalam negeri AS.

"Kesimpulan dari review oleh komite investasi asing di AS atau Cifus adalah kabar baik untuk IBM dan lenovo, pelanggan serta karyawan kami," demikian pernyataan resmi IBM yang berbasis di Armonk, New York seperti dikutip Bloomberg.

Persetujuan tersebut merupakan pertanda baik untuk rencana akuisisi Lenovo yang lain. Lenovo Group berencana untuk membeli unit bisnis Google Inc yakni Motorola senilai 2,9 miliar dollar AS. Lenovo masih menargetkan dua aksi korporasi tersebut akan selesai akhir tahun ini

Lewat proses akuisisi itu, baik Lenovo ataupun IBM sama-sama diuntungkan. Dengan kesepakatan tersebut, IBM bisa membuang bisnis yang kurang menguntungkan dan fokus unit bisnis lainnya yang lebih menggiurkan seperti komputasi awan dan analisis global. Sementara, Lenovo akan mendapatkan pasar hardware global.

"Ini adalah salah satu dari usaha IBM supaya lebih fokus ke lini bisnis usaha pelayanan dan lini produk lain yang menguntungkan," ujar Ivan Feinseth, Kepala Investasi di Tigress Financial Partners LLC. (Hendra Gunawan)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com