Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Cermati RAPBN 2015 agar Bisa Memasukkan Programnya

Kompas.com - 19/08/2014, 14:20 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih periode 2014-2019 Joko 'Jokowi' Widodo masih mencermati rancangan APBN 2015. Jokowi masih mencari peluang agar program prioritas bisa masuk ke dalam pembahasan APBN 2015.

"Masih kita lihat secara detail. Saya ingin bisa disinkronkan (dengan program prioritas)," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta pada Selasa (19/8/2014) siang.

Jokowi mengatakan, program prioritas yang rencananya akan dilaksanakan segera adalah di bidang pelayanan kesehatan, yakni Kartu Indonesia Sehat dan pelayanan pendidikan, yakni Kartu Indonesia Pintar.

Peluang kedua program prioritas itu mendapat tempat di alokasi APBN 2015, lanjut Jokowi, jika rancangan APBN pada pemerintahan SBY bersifat baseline atau hanya menjalankan program alokasi anggaran rutin saja, semisal gaji pegawai, biaya operasional dan lainnya.

"Kalau nanti kita cermati hanya baseline, baru kita bisa. Kalau ndak, baru sulit. Nanti setelah keputusan MK kita bicara itu lagi," lanjut Jokowi.

Meski demikian, pria yang masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku tak hapal berapa perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk mendanai dua program prioritasnya tersebut.
baca juga: Ini Hambatan Jokowi untuk Mewujudkan Tol Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com