Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Newmont Cabut Gugatan Tanpa Syarat

Kompas.com - 30/08/2014, 10:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan, Newmont telah memutuskan mencabut gugatannya di badan arbitrase International Center for Settlement of Investment Disputes (ICSID) terkait pelalangan ekspor oleh Pemerintah Indonesia.

Menurut pemerintah, pencabutan gugatan oleh Newmont dilakukan secara sukarela tanpa syarat. "Mereka mencabut tanpa syarat dan tanpa alasan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat malam (28/8/2014).

CT menjelaskan, pencabutan gugatan Newmont tersebut melalui proses yang panjang. Pasalnya, Pemerintah Indonesia dan Newmont sama-sama bertahan dengan agrumennya masing-masing. Bahkan, surat persetujuan yang dilayangkan ICSID juga melalui proses yang tidak mudah.

Setidaknya, prosesnya terlebih dahulu diawali dengan pencabutan gugatan oleh Newmont. Setelah itu, ICSID akan mengirimkan surat kepada Pemerintah Indonesia dan memberikan waktu tenggang apakah pemerintah setuju atau tidak dengan pencabutan tersebut.

Jika tidak ada respons dalam waktu tenggang tersebut, maka pemerintah dianggap setuju. Namun, kata CT, karena pemerintah ingin masalah ini cepat selesai, maka pemerintah memutuskan menandatangani surat tersebut sebagai tanda setuju atas pencabutan gugatan Newmont.

"Ini membuktikan ketegasan pemerintah, ini membuktikan bahwa pemerintah tidak bisa ditekan oleh pihak manapun karena ini demi kepentingan nasional," kata CT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com