Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Diprediksi Kembali Naik pada Akhir Tahun

Kompas.com - 01/09/2014, 14:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini mengumumkan inflasi bulanan Agustus 2014 mencapai 0,47 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan inflasi Juli 2014 yang mencapai 0,93 persen.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, secara musiman inflasi pada Agustus memang rendah. Akan tetapi, laju inflasi akan kembali naik pada penghujung tahun. "Agustus ini rendah, September dan Oktober masih rendah. Sedikit naik di November dan akhir tahun," kata Perry di Gedung DPR, Senin (1/9/2014).

Bank sentral masih optimistis capaian inflasi secara year on year pada akhir tahun 2014 pada posisi sekitar 5,3 persen. Adapun kenaikan laju inflasi pada bulan November dan Desember terjadi lantaran pola musiman.

"Secara keseluruhan kalau anda lihat, tekanan-tekanan inflasi yang dari sisi fundamentalnya seperti di inflasi inti masih terkendali. Inflasi intinya kan sekitar 4,5 (persen) ya. Pengaruh dari administered prices. Dia (inflasi) akhir-akhir tahun biasanya agak naik," jelas Perry.

Kepala BPS Suryamin menyatakan inflasi disebabkan faktor perubahan tarif listrik dari PLN sebesar 0,04 persen, lalu ikan segar dengan kontribusi sebesar 0,04 persen karena cuaca dan gelombang tinggi.

Selain itu, kenaikan uang sekolah SD menyumpan 0,04 persen, uang sekolah SMP 0,03 persen, sekolah SMA 0,02 persen karena tahun ajaran baru juga mempengaruhi inflasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com