Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut PLN Pernah Hukum Pegawainya "Push Up" 20 Kali

Kompas.com - 03/09/2014, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -
Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk Sandiaga Uno menjelaskan proyek PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Sarulla mangkrak selama 20 tahun. Sandiaga bercerita bahwa Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji pernah marah kepada karyawan yang tidak bekerja dengan baik melakukan proyek Sarulla.

"Pak Nur Pamudji (Direktur Utama PT PLN) sampai menghukum datang kesana dan suruh pegawainya push up 20 kali," ujar Sandiaga di Refleksi MP3EI JCC, Rabu (3/9/2014).

Sandiaga memaparkan proyek dengan investasi 1,2 billion dollar AS selalu kesulitan dengan pembiayaan. Sandiaga pun mengaku heran pasalnya skema pembiayaan 70 persen konsorsium dan 30 persen dibiayai oleh pemegang saham.

"Melihat skema itu neraca perdagangan tidak membebani investor," ungkap Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, hal yang perlu dilakukan untuk proyek tersebut memberikan skema uncoporated joint venture. Namun, untuk mengaplikasi skema pembiayaan tersebut membutuhkan pemangkasan birokrasi.

"Harus sedikit birokrasinya. Kita butuh revolusi mental untuk pemangkasan birokrasi," kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, jika birokrasi bisa disederhanakan, otomatis proyek Sarulla yang berada di Tapanuli Utara bisa segera bekerja. "Pemangkasan birokrasi bisa sampai groundbreaking di bawah 3 tahun," kata Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com