Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasio Permodalan Perbankan Masih Tinggi

Kompas.com - 11/09/2014, 17:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan hingga bulan September 2014, kondisi industri jasa keuangan Tanah Air masih cukup baik. Kondisi perbankan pun masih baik, dengan rasio permodalan yang tinggi.

"CAR (Capital Adequacy Ratio/Rasio Kecukupan Modal) pada level 19,36 persen dan didominasi komponen modal inti (Tier I)," kata Deputi Komisioner Manajemen Strategis IB OJK Lucky Fathul Aziz Hadibrata, Kamis (11/9/2014).

Lucky mengungkapkan, regulator memandang rentabilitas juga stabil, dengan kecenderungan sedikit menurun. Hal ini terlihat dari indikator Return on Asset (RoA) yang relatif stabil. "BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional) relatif meningkat bila dibandingkan dengan periode sebelumnya," ujar Lucky.

Pada kesempatan terpisah, Bank Indonesia (BI) memandang stabilitas sistem keuangan masih solid. Ini ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan.

"Ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko kredit, likuiditas dan pasar yang cukup terjaga, serta dukungan modal yang kuat. Pada Juli 2014, rasio kecukupan modal masih tinggi sebesar 19,18 persen, jauh di atas ketentuan minimum 8 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com