Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Uang Rapat Rp 18 Triliun Itu Paket 'Meeting'"

Kompas.com - 11/09/2014, 18:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPR Komisi XI Fraksi PDI-P, Arif Budimanta, merasa heran dengan anggaran Rp 18 triliun untuk rapat dalam RAPBN 2015. Dia pun menyebut uang sebanyak itu adalah "paket meeting".

"Ya itu kan apa ya paket meeting. Paket meeting itu memang harus kita efisienkan, masa paket meeting sampai segede itu, ya kan," ujar Arif Budimanta di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Tak sampai di situ, dia pun memperkirakan bahwa anggaran untuk rapat akan membengkak karena belum dihitung dengan biaya perjalanan dinas. Pasalnya, dengan biaya sebesar itu, rapat pasti akan dilakukan di luar kantor, baik di Jakarta maupun di luar kota.

Presiden terpilih Joko Widodo terkejut ketika pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganggarkan rapat kementerian sebesar Rp 18 triliun dalam Rancangan APBN 2015. Jokowi mengatakan, ia akan memangkas anggaran itu dan mengalihkannya untuk membiayai program prioritas.

Menurut Jokowi, angka Rp 18 triliun untuk anggaran rapat kementerian terlalu tinggi. Jika resmi menjabat, ia akan meminta para menterinya nanti untuk mengoptimalkan fasilitas yang ada di kantor kementerian. Jokowi menilai, tak masuk akal jika ada penyelenggaraan rapat di hotel mewah. Padahal, ruangan di kementerian masih layak untuk menggelar rapat koordinasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com