Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tak Cemaskan Inflasi Jika Harga BBM Bersubsidi Dinaikkan

Kompas.com - 15/09/2014, 15:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan tidak mengkhawatirkan risiko lonjakan inflasi apabila harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan. Bank sentral menilai, justru yang diperlukan adalah penyesuaian terhadap harga tersebut.

"Saya mengetahui bahwa di APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan) 2014 pemerintah mungkin bisa menyesuaikan harga BBM. Kami dari otoritas moneter melihat kondisi fiskal Indonesia melihat (harga) BBM perlu ada penyesuaian harga," kata Agus seusai rapat dengan Komisi XI DPR, Senin (15/9/2014).

Agus mengungkapkan, bila pemerintah benar-benar menaikkan harga BBM, inflasi tidak dapat dihindari. Akan tetapi, dampak inflasi akibat kenaikan harga tersebut hanya berlangsung secara temporer dan tidak berkepanjangan.

"Kalau ada penyesuaian harga, berakibat kenaikan inflasi sifatnya sesaat. Kami tidak mengkhawatirkan itu karena sifatnya sementara," jelas mantan Menteri Keuangan itu.

Agus mengatakan, setelah kira-kira 2-3 bulan pasca-kenaikan harga BBM, inflasi akan kembali normal. Akan tetapi, kebijakan tersebut dinilainya akan berdampak baik pada kesehatan fiskal Indonesia.

"Sekarang BI melihat pertumbuhan ekonomi kita sampai akhir tahun masih di range 5,1 hingga 5,5 persen mengarah ke batas bawah. Permintaan energy market melemah, tapi dari negara maju membaik. Diharapkan tahun 2015 membaik," sebut Agus.

Informasi saja, tahun depan, pemerintah melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 menganggarkan sekitar Rp 291 triliun untuk subsidi BBM. Dibandingkan tahun 2014, anggaran untuk subsidi ini meningkat sekitar Rp 44,6 triliun. Hal inilah yang membuat desakan kepada pemerintah untuk menaikkan harga BBM begitu kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com