Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Karyawan BUMN Kertas Leces, 18 Bulan Tak Digaji hingga Depresi

Kompas.com - 16/09/2014, 14:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karyawan PT Kertas Leces (Persero) mengadukan nasibnya ke Komisi VI DPR RI terkait pembayaran gaji selama 18 bulan yang belum dibayarkan. Dalam tempo hampir 2 tahun tersebut, karyawan perseroan berjuang hidup tanpa gaji yang dibayarkan perusahaan.

"Sudah 18 bulan sudah kami tidak digaji, mereka banyak yang berpisah dengan istri dan anaknya," ujar Ketua Serikat Karyawan PT Kertas Lecees, Muhammad Arham, saat menceritakan nasib karyawan di ruang Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Tak hanya itu, Arham menceritakan bahwa para karyawan mengalami kesulitan keuangan yang kronis. Bahkan karena gaji yang tidak dibayarkan, anak-anak karyawan Lecees harus putus sekolah. Dia bahkan sempat menangis saat menceritakan ada dua karyawan Lecees yang sampai depresi karena masalah tersebut.

Selama ini, karyawan Lecees sudah banyak yang beralih profesi. Di antaranya bahkan ada yang menjadi kuli bangunan dan tukang becak. "Gaji kami di bawah UMR, tapi 18 bulan tidak dibayar. Sangat menyedihkan karyawan BUMN yg dilindungi negara seperti ini, lebih baik di swasta," kata dia.

Dia pun berharap dengan diadakannya pertemuan ini, maka masalah Lecees akan bisa cepat selesai dan seluruh gaji karyawan selama 18 bulan dibayarkan oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com