Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bank Mutiara Hanya Separuh Nilai "Bailout"?

Kompas.com - 16/09/2014, 15:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai jual PT Bank Mutiara Tbk, yang sebelumnya bernama Bank Century, diperkirakan hanya sekitar separuh dari nilai talangan (bailout) untuk menyelamatkan bank tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (16/9/2014), seorang sumber menyebutkan bahwa harga yang ditebus oleh J Trust sekitar 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,45 triliun. Padahal, untuk menyelamatkan bank tersebut, dana yang dikeluarkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebesar Rp 6,7 triliun.

LPS juga kembali menambah modal ke Bank Mutiara sebesar Rp 1,24 triliun pada 2013 sehingga total suntikan modal ke eks Bank Century itu mencapai Rp 7,94 triliun.

Terkait dengan kabar itu, Sekretaris Perusahaan LPS Samsu Adi Nugroho mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa menyebutkan nilai penjualannya karena J Trust masih harus menjalani uji kepatutan dan kelayakandi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, dia menyebutkan, nilai penjualan Bank Mutiara ke J Trust di atas nilai pasar, yang pada Maret 2014 lalu mencapai Rp 1,4 triliun. "Ini jauh di atas nilai buku, dan kami melihat harganya cukup baik," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dia menyebutkan, tidak ada alternatif pembeli lain selain J Trust. Jika perusahaan Jepang itu gagal dalam uji kepatutan dan kelayakan, maka tidak ada perusahaan lain yang maju sebagai pengganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com