Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPD Kalbar Andalkan Teknologi Untuk Bersaing

Kompas.com - 17/09/2014, 01:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Di daerah, layanan perbankan tidak hanya disediakan oleh perbankan nasional. Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga ikut memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat di daerah-daerah.

CEO BPD Kalimantan Barat PT Bank Kalbar Sudirman mengungkapkan, agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tetap dapat eksis, terdapat dua kunci utama, yakni permodalan dan daya saing.

"Kunci persaingan bagi kami adalah teknologi dan IT. BUMD itu kuncinya permodalan dan daya saing," kata Sudirman dalam diskusi "BUMD Penggerak Ekonomi dan Daya Saing Daerah di Era Global," Selasa (16/9/2014).

Terkait permodalan dan daya saing, Sudirman menjelaskan, Asbanda (Asosiasi Bank-bank Pembangunan Daerah) bersama OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sudah merancang BRC (BPD Regional Champion) tahap dua.

"Untuk permodalan, Bank Kalbar saat ini modal intinya Rp 1,2 triliun, sudah masuk BUKU II. Artinya, kita boleh melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kartu kredit. Tahun ini kita akan meluncurkan kartu co-branding dengan Bank Mandiri," jelas Sudirman.

Untuk menjangkau masyarakat bertransaksi, BUMD ini juga bekerjasama dengan penyedia ATM Prima. Tidak hanya itu, Bank Kalbar juga bekerjasama dengan penyedia sistem pembayaran elektronik Malaysia untuk memudahkan nasabah Bank Kalbar yang tengah berada di Negeri Jiran untuk bertransaksi.

"Kalbar berbatasan langsung dengan Malaysia. Kami bekerjasama dengan Malaysian Electronic Payment System (MEPS), sehingga nasabah kami yang sedang ada di Kuala Lumpur dan Kuching bisa tetap bertransaksi," jelas Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com