Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tim Ekonomi Idaman Pengusaha

Kompas.com - 18/09/2014, 09:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini sedang menjaring nama orang yang akan mereka jadikan menjadi menteri untuk membantu pemerintahan mereka lima tahun ke depan. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap, pasangan presiden dan wakil presiden terpilih tersebut bisa memasukkan nama Rini Soemarno dan Sri Mulyani dalam daftar nama calon menteri keuangan mereka.

Ketua Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Logistik Natsir Mansyur mengatakan, ke dua figur tersebut memiliki syarat yang sempurna untuk memimpin Kementerian Keuangan. "Mereka pandai dalam mengatur kebijakan fiskal dan moneter," katanya kepada KONTAN, Rabu (17/9/2014).

Untuk pos Kementerian BUMN, Natsir mengusulkan tiga nama, yaitu RJ Lino yang saat ini menjadi Dirut Pelindo II. Sebab, Lino dinilai telah berhasil mengembangkan BUMN tersebut dengan baik selama dia menjadi dirut.

Di pos ke tiga, Kementerian ESDM, Natsir mengusulkan dua nama. Pertama, Sukhyar yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Mineral dan Batubara. Sedangkan nama kedua, Suryo Bambang Sulisto, yang saat ini menjadi ketua Kadin.

Natsir bilang, ke dua nama tersebut mumpuni di bidang tersebut. "Di Perindustrian, kami usul Pak Rahmat Gobel atau Benny Soetrisno, mereka cukup mampu untuk memajukan industri kita," katanya.

Adapun, di pos Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Natsir berharap agar Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, dan James Riyadi juga bisa dipertimbangkan oleh Jokowi- JK.

Natsir berharap, Jokowi- JK bisa mempertimbangkan nama- nama tersebut untuk bisa menduduki kementerian di bidang ekonomi. Dia yakin dengan menunjuk orang profesional tersebut di kementerian bidang ekonomi, ekonomi Indonesia akan bisa tumbuh dengan baik. (Agus Triyono)
baca juga: Pengusaha: Kami Ingin Kabinet Jokowi Diisi Manusia yang Bisa Kerja...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com