Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah "Capital Outflow", OJK Rancang Bursa Tetap Menarik

Kompas.com - 25/09/2014, 13:49 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi mengalirnya investasi asing keluar dari Indonesia (capital outflow) memaksa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat pasar modal tetap menarik. Salah satunya, dengan memberikan kemudahan bagi calon emiten baru.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal sekaligus Anggota Dewan Komisioner OJK, Nurhaida, mengungkapkan bahwa langkah The Fed menaikkan suku bunga acuannya dan menarik dana investor keluar dari Indonesia, merupakan sebuah keniscayaan pasar.

Nurhaida mengungkapkan bahwa OJK tidak tinggal diam. Pihaknya berusaha membuat pasar modal tetap menarik dan menumbuhkan kepercayaan market pada pasar Indonesia. "Itu kenapa kemudian kami berusaha membuat pasar modal kita tetap menarik dan membuat pasar tetap confidence.

"Bagaimanapun, capital itu mengalir ke tempat yang memberikan keamanan dan return yang bagus. Sepanjang market kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan investor, (modal) akan tetap stay di sini," ujar Nurhaida di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Nurhaida mengungkapkan, akan ada banyak hal yang dilakukan agar kepercayaan pasar tetap terjaga. Namun, dia tidak memberikan penjabaran lebih mendalam.

"Banyak yang bisa kita lakukan agar kepercayaan pasar tetap terjaga. Kemudian, kami berikan kemudahan-kemudahan supaya kemudian bukan keluar, kita harapkan masuk. Kita harapkan juga sektor keuangan makin banyak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com