Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muda Giat Berinvestasi, Tua Nikmati Kemapanan Finansial

Kompas.com - 27/09/2014, 08:05 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan berinvestasi bisa dimulai sejak dini. Menurut konsultan jasa keuangan, semakin cepat memulai, semakin sejahtera pula hari tua seseorang. Hal ini disampaikan oleh Titik Setiati, Enrollment Coach Business & Wealth Coaching Vanaya Institute.

Ketika ditemui Kompas.com di acara Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2014, dia mengungkapkan bahwa memang institusinya mendorong anak-anak muda memulai investasi sejak dini. Tepatnya, saat mulai menerima penghasilan. "Kami mengarahkan anak muda agar tidak konsumtif," ujarnya, Jumat (26/9/2014).

Moda investasi yang dianjurkannya adalah emas. Menurut Titik, emas relatif terjangkau oleh para profesional muda. Sedikit demi sedikit membeli emas, nanti akan menumpuk dan bernilai besar di hari tua.

Nita Puspitasari, bagian marketing Vanaya Institute, rupanya sudah mempraktikkan sendiri bentuk investasi tersebut. Menurut Nita, investasi emas pun tidak bisa sembarangan. "Mulai dari emas, tapi bukan perhiasan. Pilihan ini bisa dibuat karena gaji kia terbatas, maka sisihkan Rp 500.000 untuk beli emas batangan tiap bulan. Nanti, kalau tabungannya sudah banyak, investasiman di properti," ujar Nita.

Dia tahu persis, ada alat investasi lain, seperti saham dan reksadana. Kedua alat investasi ini pun bisa dimanfaatkan oleh anak muda. Namun, bagi Nita, lebih baik menghindari investasi yang tidak kita mengerti. "Kan kebanyakan dari kita pengetahuan reksadananya masih kurang," pungkas Nita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com