Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Apresiasi Produk Keuangan Gabungan yang Diluncurkan Bank Mandiri

Kompas.com - 29/09/2014, 14:39 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri meluncurkan layanan mikro berupa gabungan produk keuangan Asuransi Mikro, TabunganMU, Cicil Emas , dan Reksadana Mikro. Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Firdaus Djaelani, menyebutkan produk-produk tersebut sedang digagas oleh OJK.

"Kami di OJK juga sedang membahas. OJK tengah mendorong gabungan produk dari simpanan, investasi, dan asuransi. Ternyata Bank Mandiri sudah melakukannya," ujar Firdaus ketika Mandiri meluncurkan layanan Mikro Mandiri Sejahtera di Pasar Petojo Ilir, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Menurut Firdaus, berbagai produk keuangan yang ditawarkan oleh satu bank akan lebih mudah, baik bagi nasabah maupun bagi bank sendiri. Sementara itu, mengitegrasikan berbagai produk keuangan dari beberapa bank berbeda akan lebih sulit. Terutama, dalam proses TI-nya (teknologi informasi).

Karena itu, Firdaus mengapresiasi langkah Bank Mandiri. Strategi perseroan dinilai sejalan dengan tujuan OJK memudahkan semua lapisan masyarakat mendapatkan layanan keuangan.

"Kami tidak ingin sektor finansial ini menjadi sektor ekslusif untuk kalangan menengah atas. Masyarakat menengah bawah jumlahnya banyak sekali, jadi besar sekali potensinya," imbuh Firdaus.

Dia memaparkan bahwa sebaiknya masyarakat yang hingga kini masuk dalam kategori unbankable tidak langsung didorong mengambil kredit. Menurutnya, bank seharusnya bertanggungjawab mengajarkan masyarakat menabung terlebih dahulu, berinvestasi, berasuransi, baru mengajukan kredit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com