Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen ESDM Tantang Swasta Bangun 10.000 Megawatt Listrik Per Tahun

Kompas.com - 01/10/2014, 12:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Susilo Suswo Utomo mengatakan, target pembangunan 10.000 megawatt listrik per tahun sulit direalisasikan jika hanya berharap pada Perusahaan Listrik Negara (PLN}.

Dia pun menantang pihak-pihak swasta untuk terlibat membangun infrastruktur kelistrikan di Indonesia. "Saya challenge kalian semua, inilah gaya saya," ujar Susilo saat membuka Pameran Kelistrikan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurut dia, untuk mampu mencapai target 10.000 megawatt tersebut, dana yang dibutuhkan pemerintah per tahun mencapai Rp 200 triliun. Susilo pun mengakui hal tersebut sulit tercapai dengan anggaran yang saat ini dimiliki PLN.

Oleh karena itu, kata dia, peran swasta akan sangat penting dalam mewujudkan target tersebut. Peran tersebut bisa berupa investasi pembangunan infrastruktur kelistrikan maupun penghematan listrik. "Per tahun kita perlu bangkitkan 10.000 megawatt, kita perlu Rp 200 triliun per tahun, dari mana dananya kalau tidak dari swasta," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com