Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Juga Tunggu Hasil Pemilihan Pimpinan MPR

Kompas.com - 06/10/2014, 08:51 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah masih belum lepas dari tekanan pelemahan di awal pekan ini, Senin (5/10/2014). Pasar menunggu hasil pemilihan Ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat.

Data pengangguran serta penyerapan bulanan tenaga kerja non-pertanian AS yang membaik di Jum’at (3/10/2014) malam berhasil mendorong dollar index untuk naik hingga ke atas 86. Di sisi lain euro semakin terpuruk hingga 1,25 per dollar AS walaupun data pertumbuhan pejualan ritel Zona Euro berhasil membaik.

Sentimen dollar AS kuat yang terjadi hingga Sabtu (4/10/2014) dini hari minggu lalu, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, diperkirakan terbawa hingga awal minggu ini di pasar Asia. Data indeks keyakinan investor Zona Euro ditunggu sore ini.  

Rupiah kembali melemah hingga Jum’at sore bersama-sama dengan mata uang lain di Asia. Pelemahan rupiah terjadi bersama dengan pelemahan IHSG serta harga SUN. Situasi politik belum juga menunjukkan perbaikan berarti, minggu ini masih ditunggu hasil pemilihan ketua MPR.

Sentimen penguatan dollar AS di pasar global serta potensi kembalinya kisruh politik dalam negeri berpeluang menjaga tekanan rupiah terhadap dollar AS hari ini. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com