Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Sehari Tunda Kenaikan Harga BBM, Rp 1 Triliun Menguap

Kompas.com - 10/10/2014, 08:49 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan setiap kali menunda kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) maka pemerintah kehilangan uang untuk subsidi sebesar Rp 1 triliun.

"Subsidi 1 hari itu Rp 1 triliun. Setiap kita tunda 1 bulan, berarti ada Rp 30 triliun. Kalau bisa dihemat 50 persen saja, kita bisa hemat Rp 150 triliun dalam setahun pertama," kata JK saat acara diskusi ekonomi di Hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Pemerintah ke depan yang akan dipimpin oleh Joko Widodo dan dirinya, kata JK, akan menaikkan harga BBM walau waktunya saat ini sedang dipikirkan. "Sebenarnya tanggal 21 (Oktober) pun nggak jadi soal. Tapi kan kita butuh persiapan. 1 minggu, 10 hari, nggak soal lah," ucapnya.

Lebih jauh JK mengatakan, dalam menaikkan harga BBM ke depan pemerintah tidak perlu lagi lagi lapor kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sehingga, tinggal menunggu momennya yang tepat agar tidak terjadi gejolak yang besar.

"Lebih cepat lebih baik. Kebetulan UU-nya berbunyi, kalau BBM mau naik tidak perlu lapor DPR, jadi buat apa repot-repot kita lapor DPR. (Waktunya dan harga) Rahasia lah itu. Rahasia pemerintah, nanti kalau semua tahu, nanti semua simpan BBM di rumahnya," ujar JK. (Seno Tri Sulistiyono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com