Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

M Lutfi Bicara Syarat Ideal Menteri Perdagangan Jokowi...

Kompas.com - 13/10/2014, 23:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi enggan mengomentari deretan nama kandidat pengganti dirinya untuk kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, dia menyebutkan sejumlah syarat ideal untuk sosok Menteri Perdagangan mendatang.

"(Syaratnya), Menteri Perdagangan ke depan adalah seorang administrator yang baik, harus bisa menjadi 'wasit' yang adil, dan komunikator yang baik," sebut Lutfi, Senin (13/10/2014). "Kalau misalnya kurang satu (syaratnya), itu susah."

Dari sekian laman dan lembaga yang mengusung deretan nama kandidat untuk kabinet Jokowi-JK, kabinetprofesional.org mengusulkan kandidta penerus Lutfi adalah Erwin Aksa Mahmud, Rini Mariani Soemarno, dan Dwi Soetjipto.

Lutfi pun bertutur posisi memimpin Kementerian Perdagangan tidaklah gampang. "Yang saya alami rambut saya makin tipis, asli banget tambah tipis. Kalau orang Tokyo bilang ini kena radiasi. Hahaha," kata Lutfi dengan sisipan canda, dalam obrolan santi bersama wartawan.

Menurut Lutfi, diplomasi perdagangan ke depan harus sesuai dengan jejaring perdagangan global yang terhubung. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu pun berpendapat, menjaga pasar Indonesia tak bisa dilakukan dengan menutup pasar tetapi harus dengan membangun pasar domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com