Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Menunggu Komposisi Kabinet Jokowi

Kompas.com - 21/10/2014, 08:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif, Selasa (21/10/2014) ini, dengan sentimen penantian atas komposisi Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla yang rencananya diumumkan malam ini. Tekanan ambil untung membayangi pergerakan indeks.

Pasar saham AS melanjutkan penguatan seiring kinerja positif perusahaan tercatat (emiten) di triwulan ketiga. Penguatan terjadi atas indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,12 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,91 persen.  

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh data PDB Tiongkok kuartal ketiga yang diperkirakan melambat. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 0,16 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang turun 0,60 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.  

Dari dalam negeri, publik menanti pengumuman kabinet yang akan mendampingi presiden dan wakil presiden, Joko Widodo - Jusuf Kalla. Di sisi lain, total investasi langsung (foreign direct investment/FDI) di Indonesia meningkat karena sektor tersier. FDI Indonesia naik menjadi 6,8 persen secara tahunan pada triwulan ketiga tahun ini dari 3,6 persen pada triwulan sebelumnya.  

Momentum investasi diperkirakan Mandiri Sekuritas masih akan naik ke depannya dengan asumsi risiko politik menurun. Lebih jauh lagi, posisi investasi yang diumumkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) trennya masih sejalan dengan prediksi gross domestic product (GDP) akan ada rebound pertumbuhan ekonomi pada triwulan keempat 2014.  

IHSG masih diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks bergerak menguat untuk kemudian ditutup pada level 5.040 atau naik 0,23 persen pada perdagangan kemarin. "Pada perdagangan hari ini IHSG akan bergerak variatif mencoba naik dan coba menguji resistance terdekat di 5.104 dan support di 4.974," tulisnya.

baca juga: Analis: IHSG Menguat Bukan Semata Pelantikan Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com