Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Minta Pemerintah Tidak "Menganakemaskan" Maskapai Tertentu

Kompas.com - 23/10/2014, 17:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Indonesia AirAsia meminta pemerintah tidak "menganakemaskan" maskapai tertentu dalam pemberian izin investasi pengembangan bandara.

Bahkan, dalam pengelolaan bandara, pemerintah diharuskan membuka seluas-luasnya kesempatan yang sama bagi maskapai lainnya.

"Harapan kami, pemerintah buka peluang swasta mengelola bandara selain Angkasa Pura. (Mengenai pengelolaan bandara) itu tidak boleh eksklusif airline tertentu," ujar Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko di Tangerang, Kamis (23/10/2014).

Dia menjelaskan, sebenarnya pengelolaan bandara oleh pihak swasta merupakan hal yang baik bagi industri penerbangan nasional. Dengan demikian, pihak swasta akan berlomba-lomba menginvestasikan dananya untuk pembangunan bandara.

Namun, pembukaan peluang pihak swasta dalam mengelola bandara tidak hanya diberikan kepada salah satu maskapai. Oleh karena itu, dia meminta maskapai lain diberikan peluang yang sama. "Kalau dia (Lion) mengelola airport, itu tidak boleh eksklusif untuk afiliasinya saja," kata Sunu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com