Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Segera Serahkan Calon Kepala SKK Migas ke Jokowi

Kompas.com - 31/10/2014, 11:10 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Miner (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, dalam waktu dekat akan menyerahkan nama-nama calon Kepala SKK Migas pada Presiden Joko Widodo.

Sudirman menuturkan, penyerahan nama tersebut merupakan hal penting yang sudah cukup lama ditunda. "Kita memiliki pending matters yaitu mendefinisikan kepemimpinan di SKK Migas. Dalam waktu dekat dilanjutkan proses kepemimpinan yang akan dipilih, tentu saja itu adalah keputusan presiden. Kemudian kami akan ajukan dalam kapasitas sebagai komite pengawas terhadap Menteri ESDM dan akan menyampaikannya ke Bapak Presiden," ujarnya di City Plaza, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Saat ini, sebut Sudirman,  pihaknya masih mengumpulkan nama-nama bakal Kepala SKK Migas. "(Nama) belum ada. Kita lagi kumpulkan, karena usulan sebaiknya tidak hanya satu. Beberapa supaya beliau punya pilihan," ujarnya.

Sementara itu, mengenai kriteria calon yang akan diusung oleh Kementerian ESDM, Sudirman mengungkapkan tidak ada kriteria khusus, yang pasti harus memiliki loyalitas, kompetensi, dan jiwa kepemimpinan.

"Common sense saja, di mana-mana orang yang kita cari adalah orang yang memiliki legalitas tinggi dan kompetensi tinggi di bidangnya. Terutama leadership. Karena, kalau soal teknis kita bisa rely on atau mengandalkan kawan-kawan di bawah. Leadership dan kompetensi," katanya.

baca juga: Daripada Dibubarkan, SKK Migas Ingin Jadi Perusahaan Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com