Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendesak, Pengalihan Subsidi Dilakukan Sebelum Akhir Tahun

Kompas.com - 31/10/2014, 16:57 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil enggan banyak bicara mengenai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Namun, pengalihan yang akan berimbas pada kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut akan dilakukan sebelum akhir tahun.

"Kita tidak bicara kenaikan. Tapi Pak Menkeu katakan akan terjadi pengalihan subsidi, yang selama ini tidak capai sasaran ke sektor yang produktif. Akan dilakukan paling lambat sebelum akhir tahun. Tapi ini masalah subsidi, semua orang sudah sangat aware dan concern," ujarnya di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Sofyan mengungkapkan bahwa hingga kini waktu pengalihannya memang belum dibicarakan. Hanya saja, dia sudah yakin bahwa jika subsidi tersebut dialihkan, maka dana yang semula habis untuk subsidi akan menjadi lebih produktif.

"Ini kan kita belum bicara kapan dialihkan. Kalau dialihkan banyak sekali (jumlahnya), tentu untuk produktif. Maka akan menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih baik dan tenaga kerja yang banyak," imbuhnya.

Seusai konferensi pers, Sofyan kembali menegaskan bahwa pengalihan subsidi akan diinformasikan kembali dan tidak akan dilakukan secara diam-diam. "Akan diinformasikan, dan sebelum akhir tahun," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com