Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Berkomentar Miring, Aktivis Ini Kini Memuji Menteri Susi

Kompas.com - 03/11/2014, 16:48 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Belum genap dua minggu menteri-menteri dalam Kabinet Kerja bekerja, tetapi arah kebijakannya mulai tampak. Berbagai komentar mengenai kinerja para menteri pun mulai terdengar.

Salah satu komentar datang dari Ketua Dewan Pembina Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Riza Damanik untuk Menteri Kelautan dan Perikanan. "Menurut saya, ini awal yang baik," ujar Riza kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (2/11/2014).

Riza menuturkan, kebijakan yang sudah diambil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sejauh ini merupakan kebijakan baik. Transparansi publik, menurut Riza, merupakan perubahan besar dari era kepemimpinan pemerintah sebelumnya.

"Setidaknya untuk membuka data perizinan kapal yang selama ini sangat tertutup. Padahal, transparansi dan partisipasi publik dalam pengelolaan perikanan menjadi kunci pengelolaan perikanan yang bertanggung jawab," imbuhnya.

Lebih lanjut, Riza juga mengungkapkan pentingnya Menteri Kelautan dan Perikanan untuk terus menjaga substansinya, terutama agar menteri dan kementerian tidak perlu terjerembap dalam kesalahan pemerintahan sebelumnya.

"Hanya saja, perlu dijaga substansinya agar tidak mengulang kesalahan yang serupa dari menteri-menteri sebelumnya," pungkasnya.

Sebagai catatan, sejak diangkatnya Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Riza "vokal" dalam melayangkan kritiknya. Riza pernah melayangkan surat terbuka yang mempertanyakan ketidaktransparanan dana bantuan korban tsunami dari Susi Pudjiastuti, kewarganegaraan suami Susi, serta moda pembayaran tenaga kerja Susi kepada karyawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com