Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 Persen

Kompas.com - 05/11/2014, 11:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2014 sebesar 5,01 persen dibanding periode sama tahun lalu. Angka ini lebih rendah dari pertumbuhan kuartal II yang mencapai 5,12 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi kuartal III dibanding kuartal II tahun ini (q2q) tumbuh 2,96 persen.

“Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia dari kuartal I-2014 ke kuartal III-2014 tumbuh 5,11 persen,” kata Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Ia menyampaikan, nilai produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku pada kuartal III-2014 mencapai Rp 2.619,9 triliun. Sementara itu, PDB atas dasar harga konstan (tahun 2000) Rp 745,6 triliun.

Untuk diketahui BPS melaporkan PDB atas dasar harga berlaku pada kuartal III-2014 sebesar Rp 2.483,8 triliun, dan PDB atas dasar harga konstan (2000) sebesar Rp 724,1 triliun.

Suryamin menjelaskan, ada tiga sektor ekonomi yang tumbuh tinggi pada kuartal III-2014, yakni pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan; sektor jasa-jasa; serta,sektor konstruksi. Secara Q2Q, sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan tumbuh 6,74 persen.

Suryamin menyebut, salah satu penyebabnya adalah berakhirnya musim hujan, sehingga mendorong produksi tanaman bahan makanan seperti jagung, ketela pohon dan kedelai. Di sektor perikanan, upaya pemerintah merevitalisasi tambak juga mendorong pertumbuhan sektor ini. Adapun subsektor peternakan juga tumbuh didorong masa-masa Lebaran sehingga mendorong produksi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sektor jasa-jasa tumbuh 3,71 persen disebabkan adanya pengeluaran pemerintah untuk gaji ke-13 yang diberikan pada periode kuartal III-2014. Selain itu, tahun ajaran baru, puasa, dan Lebaran menyebabkan ramainya tempat hiburan, dan mendorong pertumbuhan sektor jasa-jasa.

“Konstruksi tumbuh 3,27 persen, karena adanya pembangunan infrastruktur, pertokoan,dan sebagainya,” imbuh dia.

Suryamin menuturkan, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2014 tidak lepas dari pengaruh perekonomian global, di mana Tiongkok dan Jepang, dua negara mitra dagang utama RI mengalami perlambatan ekonomi.

Tiongkok telah merilis pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2014 tumbuh hanya 7,3 persen, padahal pada periode sama tahun lalu pertumbuhannya 7,8 persen.

Di sisi lain, Jepang juga mengalami perlambatan. Pada kuartal III-2014 perekonomian Jepang tumbuh minus 0,2 persen, padahal pada periode sama tahun lalu Jepang tumbuh 2,4 persen. Masih rendahnya harga komoditas global seperti minyak kelapa sawit, di mana merupakan salah satu andalan ekspor RI menjadi faktor pendoron perlambatan ekonomi RI. “Ini menjadi penyebab melambatnya pertumbuhan ekonomi,” pungkas Suryamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com