Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praktik Mafia Juga Terjadi dalam Kegiatan Ekspor Impor

Kompas.com - 07/11/2014, 15:45 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik mafia tidak hanya di sektor migas tetapi juga dalam kegiatan ekspor impor sehingga menyebabkan kerugian negara. Memberantas mafia ini tidaklah mudah karena melibatkan oknum aparat keamanan yang berada di pelabuhan.  Namun, dengan adanya pemerintahan baru pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, berbagai pihak menaruh harapan besar praktek mafia tersebut bisa diberantas.

Hal itu dikatakan T. Indrayana dan Jody K, Koordinator Forum Grup Diskusi Cisanggiri dalam diskusi bulanan di Jakarta, Jumat (7/10/2014). Forum ini merupakan kumpulan alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang sebagian besar dari Fakultas Ekonomi.

Mereka bekerja di berbagai bidang dan profesi, diantaranya akademisi, profesional di bidang keuangan, perpajakan, transportasi, perdagangan internasional, perindustrian, kesehatan, pertanian dan peternakan.

Menurut Indrayana, kelompok ini didirikan bersamaan dengan Pemilihan Presiden Indonesia, dimana kelompok ini sebagai salah satu kelompok pendukung Jokowi-JK. Setelah melalui berbagai kiprahnya untuk memenangkan Jokowi-JK dan akhirnya terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden, maka sesuai komitmennya kelompok ini akan terus mengawal dan mengkritisi jalannya pemerintahan Jokowi-JK.

“Tujuan dari FGD ini adalah untuk memberikan masukan kepada pemerintahan Jokowi-JK yang berkaitan dengan kepentingan rakyat melalui berbagai akses yang dimilikinya. Masukan-masukan yang akan diberikan nanti, akan diproses melalui Forum Grup Diskusi ini sehingga hasilnya secara kualitas layak untuk diimplementasikan serta bisa dilihat oleh masyarakat,” jelas Indrayana.

Secara simultan kelompok ini selain melakukan berbagai diskusi, juga akan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat langsung bagi kepentingan rakyat diantaranya pelatihan kewirausahaan dan kegiatan sosial lainnya.

Untuk menjalankan aktivitasnya, kelompok Cisanggiri ini mempunyai Sekretariat di MM Building Jl Cisanggiri V No 4, kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12710.

“Meskipun sebagian besar anggota kelompok ini dari UGM, namun tidak tertutup untuk bergabungnya rekan-rekan lainnya di luar UGM yang mempunyai visi yang sama,” ungkap Indrayana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com