Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Menteri Susi Hidupkan Kembali Industri "Cold Storage"

Kompas.com - 07/11/2014, 18:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, penyebab jatuh bangkrutnya industri penyimpanan pendinginan atau cold storage adalah adanya aktivitas bongkar muat di tengah laut.

Susi mengatakan, dia berniat akan menghapuskan aktivitas bongkar muat tengah laut atau transhipment, utamanya untuk kapal-kapal asing. Diperkirakan, aturan penghentian bongkar muat ini akan diteken Senin pekan depan.

“Jadi transhipment tidak boleh lagi. Mau tidak mau barang itu harus masuk pelabuhan. Nanti pengusaha cold storage bisa dapat raw material. Jadi, salah satu yang menyebabkan jatuh bangkrutnya pabrik-pabrik cold storage itu karena tidak ada bahan bakunya,” kata dia, Jumat (7/11/2014), seusai Kompas 100 CEO Forum.

Susi yakin, jika transhipment bisa dihapuskan maka industri cold storage bisa kembali bangkit. Susi juga menambahkan, penghentian aktivitas transhipment tidak akan mengganggu distribusi domestik, sebab yang dikenakan aturan ini hanyalah kapal-kapal asing.

“Yang saya stop itu kapal-kapal angkut punya asing, jadi bukan punya kita. Jadi dia mother boat-nya yang kecil-kecil nangkap tadi. Setelah dapat berapa kontainer dia berangkat. Yang tadi saya bilang PNBP-nya hanya 8.000 perak per gross ton per tahun,” terang Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com