Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Penerimaan Negara, Susi Incar Pengusaha Besar dan Bebaskan Nelayan Kecil

Kompas.com - 07/11/2014, 21:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menaikkan target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari yang per tahun hanya Rp 250 miliar menjadi Rp 1,5 triliun pada akhir tahun 2015. Enam kali lipat dalam tempo setahun.

Lantas dari mana pemilik Susi Air ini menggenjot penerimaan? “Saya akan dapatkan PNBP dari yang besar-besar, yang kecil-kecil kita bebaskan. Tadi kan saya janji akan membebaskan pungutan untuk kapal yang di bawah 10 GT. Itu janji saya,” ucap dia, Jumat (7/11/2014).

Meski berencana membebaskan retribusi, Susi akan mengganti penerimaan pemerintah daerah yang hilang dengan DAK. Di sisi lain, menanggapi rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Susi mengatakan, alokasi anggaran untuk nelayan kecil akan diberikan dalam bentuk alat-alat produksi dan perumahan.

Menurut Susi, kenaikan harga BBM bersubsidi tidak akan banyak memengaruhi nelayan kecil. Sebab, selama ini para nelayan kecil juga tidak menikmati subsidi.

“Nelayan kecil tidak pernah menikmati subsidi karena mereka pakai dua tak. Dan, nelayan yang tanggung dia dapat, tapi susah dapatnya. Jadi kemarin sebetulnya kita menginginkan availability lebih penting daripada subsidi,” tukas Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com