Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Minta J Trust Tingkatkan CAR Bank Mutiara

Kompas.com - 13/11/2014, 10:01 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta  J Trust Co. Ltd, selaku pemegang saham utama Bank Mutiara, untuk meningkatkan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR)  bank eks Century tersebut hingga lebih dari 14 persen.

"Tentu saja banyak komitmennya. Karena kita ingin mereka harus bermanfaat bagi perekonomian nasional. Saya kira bottom line-nya seperti itu. Kita ingin mereka meningkatkan CAR, kita ingin mereka meningkatkan modal, kita ingin mereka meningkatkan likuiditas," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad ketika ditemui di Jakarta, Rabu (12/11/2014) malam.

Peningkatan CAR tersebut, menurut Muliaman antara lain dengan menambah modal Bank Mutiara dari perusahaan investasi asal Jepang tersebut.  "Jadi kita minta ada suntikan baru. Kita ingin juga tidak boleh dijual lagi dalam waktu 10 tahun minimal," kata Muliaman.

Meski demikian, Muliaman mengaku belum bisa memberikan besaran dana yang harus ditambah J Trust.  "Nanti dilihat setelah mereka rapat, akan konsultasi dengan pengamat. Intinya CAR harus 14 persen. Harus secepatnya. Kita kasih waktu tentu saja karena perlu persiapan. Tapi dalam waktu tiga tahun harus terpenuhi semuanya," ujarnya.

OJK juga berharap J Trust memenuhi kesepakatan awal  pembelian saham mayoritas Bank Mutiara. "Ya, pokoknya (likuiditas) ditambah. Ditambah modal kan likuiditas juga naik. Memperbaiki NPL juga saya kita itu bagian dari kesepakatan," tambahnya.

baca juga: Kalla : Bank Mutiara Harus Dijual Berapa pun Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com