Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Melambung, Petani Ini Mendulang Rupiah

Kompas.com - 17/11/2014, 18:18 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com
-  Tidak semua orang mengeluh dengan terus naiknya harga cabai. Setidaknya ada pihak yang merasa senang dengan naiknya si pedas ini. Seperti Maryono, seorang petani cabai di Kabupaten Seluma, Bengkulu. Ia pun mendulang rupiah dengan melonjaknya harga cabai hingga Rp 100.000 perkilo gram.

Maryono memanen cabai yang ditanam di atas lahan seluas 3/4 hektare di Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur, Kabupaten Seluma, Bengkulu.

"Saya menanam cabai sebanyak 10.000 batang dengan modal per batang Rp 7.000, setiap satu hari panen mendapatkan dua ton secara keseluruhan," ujar Maryono, Sabtu (15/11/2014).

Waktu panen ia lakukan maksimal tiga bulan. Tiga hari sekali ia panen dengan melibatkan 45 orang karyawan. "45 karyawan itu saya libatkan mulai dari menyemai, perawatan, yang saya upah secara harian," jelasnya.

Ia tambahkan setiap kali panen ia mampu kumpulkan 23 ton selama hampir satu bulan, sementara per harinya ia mampu mendapatkan dua ton cabai merah siap jual. "Secara harian saya jual cabai ke Kota Bengkulu di beberapa pasar," ujarnya.

Sementara itu harga cabai di pasaran saat ini paling murah Rp 75.000 itu pun susah didapat beberapa pasar di Kota Bengkulu bahkan ditemukan beberapa hari yang lalu mencapai Rp 100.000 per kilo gram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com