Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Biru Jasa Keuangan, "Kado" Ulang Tahun Ketiga OJK

Kompas.com - 19/11/2014, 21:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peringatan hari jadinya yang ketiga pada akhir November 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan cetak biru pengembangan sektor jasa keuangan. Selain memuat sasaran yang hendak dicapai, strategi OJK untuk mencapai sasaran itu juga dikupas tuntas di dalamnya.

"Akan diluncurkan dalam perayaan hari jadi OJK," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, Rabu (19/11/2014). Cetak biru ini dikenal juga dengan sebutan Master Plan Jasa Keuangan Indonesia (MPJKI).

Isi MPJKI adalah berbagai strategi jangka panjang perbankan nasional, termasuk perbankan syariah, industri keuangan non bank (IKNB), dan industri pasar modal. Dalam penjelasannya di Kantor OJK, Rabu, Muliaman menjelaskan bahwa cetak biru ini dirancang untuk mendukung keinginan OJK mengembangkan sektor jasa keuangan di Tanah Air.

Setidaknya ada tiga sasaran utama yang hendak dituju dari penyusunan cetak biru ini. Pertama, OJK hendak mengoptimalkan peran sektor jasa keuangan dalam mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Kedua, menjaga stabilitas sistem keuangan sebagai landasan bagi pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun sasaran ketiga adalah mewujudkan kemandirian finansial masyarakat serta mendukung upaya peningkatan pemerataan dan pembangunan. "Ketiga sasaran ini dapat dicapai dengan menekankan empat strategi pengembangan," sebut Muliaman.

Strategi tersebut, kata Muliaman, mencakup berbagai upaya mulai dari memperbaiki pengawasan pada industri keuangan, pengembangan pasar, hingga memperbaiki literasi keuangan atau pengetahuan masyarakat mengenai sistem keuangan di Tanah Air.

Menurut Muliaman, strategi pertama adalah penguatan aspek pengaturan dan pengawasan secara menyeluruh. Penekanan strategi ini ada pada pendekatan berbasis risiko dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan daya saing industri untuk menunjang stabilitas sistem keuangan.

Adapun strategi kedua, lanjut Muliaman, adalah penguatan dan pengembangan pasar dan industri jasa keuangan. Tujuannya, mendorong pendalaman pasar dan perluasan akses atas produk dan jasa layanan keuangan melalui perluasan jalur distribusi dan sinergi antar-sektor di industri jasa keuangan.

Strategi ketiga, lanjut Muliaman, adalah pengembangan ekosistem yang lebih optimal dalam mendukung pembiayaan sektor ekonomis strategis serta pengembangan kualitas, efisiensi, dan daya tarik keuangan syariah.

Sedangkan strategi keempat, sebut Muliaman, berupa penguatan tingkat literasi masyarakat dan penyempurnaan infrastruktur pendukung bagi perlindungan konsumen, transparansi, dan tata kelola yang baik.

Muliaman mengatakan, strategi keempat mendapat perhatian khusus di OJK. Perlindungan konsumen, ujar dia, tidak akan optimal ketika tingkat literasi keuangan atau pemahaman masyarakat soal keuangan masih rendah.

"Karena itu, OJK telah menyusun cetak biru strategi nasional literasi keuangan sebagai acuan untuk pelaksanaan edukasi konsumen yang dilaksanakan atau yang dilakukan secara masif dan komprehensif," imbuh Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com