Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi KM Kelud, Pelni Gelontorkan Rp 8 Miliar

Kompas.com - 21/11/2014, 11:26 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Pelni (Persero) me-launching kembali Kapal Motor (KM) Kelud di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (21/11/2014). Menurut Pelni, launching tersebut merupakan ajang perkenalan kapal yang baru saja direnovasi bagian eksterior dan interiornya.

Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, pihaknya mengucurkan Rp 8 miliar untuk renovasi KM Kelud. Dia mengatakan, KM Kelud yang berusia 16 tahun itu, kini memiliki fasilitas lengkap untuk rekreasi.

"Perbaikan ini bukan hanya perbaikan luar kapal tetapi juga interiornya. Di sisi kapal kita tambahkan batik-batik dan di dalam ada gym ada kid play ground (wahana permainan anak)," ujar Wimbo.

Wimbo menjelaskan, perbaikan kapal atau docking KM Kelud dilakukan di Semarang selama empat minggu. Menurut dia, perbaikan itu bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa perbaikan yang dilakukan kata Wimbo diantaranya meliputi perbaikan toilet, perbaikan restoran, sampai perbaikan sekoci kapal.

Selain melakukan perbaikan fisik, Pelni juga melakukan pembenahan sumberdaya manusia dengan mengikutsertakan para awak kapal dalam pelatihan-pelatihan. Menurut Wimbo, pelatihan itu meliputi ketahanan fisik dan mental.

KM Kelud sendiri merupakan kapal milik Pelni yang dioperasikan sejak tahun 1998 . Saat ini KM Kelud memiliki rute Jakarta-Batam-Medan dengan kapasitas seat 2.000 kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com