Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Inflasi Pasca Pengalihan Subsidi BBM Sudah Terasa

Kompas.com - 21/11/2014, 12:00 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa inflasi yang disebabkan karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sudah terasa. November hingga Desember dipastikan inflasi mulai menunjukkan kenaikan.

"Ya pasti sudah ada. November-Desember ya pasti, lah," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (20/11/2014) malam.

Bambang memperkirakan, inflasi di akhir tahun berada di kisaran 7,3 sampai 7,7 persen. Besaran ini sama dengan besaran yang diutarakan Bambang dalam pengumuman pengalihan subsidi BBM di Istana Negara, 17 November 2014 lalu.

"Perkiraan awal, dengan kenaikan Rp 2.000, perkiraan tambahan inflasi 2014 ini di kisaran dua persen. Kalau baseline 5,3 persen, jadi 7,3 persen untuk akhir 2014," ujarnya di Istana Presiden saat pengumuman pengalihan subsidi BBM.

Pengalihan subsidi BBM, imbuh Bambang, akan secara signifikan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Pasalnya, tutur Bambang, infrastruktur merupakan salah satu prioritas penting pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com