Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Dibuka Turun 4 Poin

Kompas.com - 25/11/2014, 09:28 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan  Selasa (25/11/2014) pagi, bergerak di zona merah. IHSG dibuka turun 4,73 poin menjadi 5.137,03.

Hingga sekitar pukul 09.15 WIB, IHSG turun 3,37 poin ke posisi 5.138,39. Tercatat 85 saham naik, 67 saham turun, dan 88 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 522,06 miliar degnan volume 822,05 juta lot saham.

Analisa Sucor Invest memperkirakan, hari ini IHSG bergerak fluktuatif.  "Hari ini secara teknikal kami perkirakan IHSG berfluktuasi dengan potensi profit taking pada kisaran 5.125–5.165," tulisnya.

Sementara dari eksternal,  bursa Asia pagi ini dibuka mixed, seiring dengan  keputusan bank sentral Tiongkok yang memangkas suku bunga acuannya.

Kemarin, IHSG ditutup menguat 30 poin pada 5.142.  Pasca kenaikan harga BBM bersubsidi, bursa menampilkan kinerja yang cukup baik. "Buktinya, hampir semua saham menunjukkan peningkatan. Sayangnya, kenaikan saham tidak tejadi di sektor kecuali properti," tulisnya.

Selain itu, penguatan indeks di Tanah Air juga didukung oleh penguatan indeks bursa global. Bursa Eropa ditutup mixed kemarin, disebabkan oleh sentimen pelonggaran pinjaman di Zona Eropa. Data ekonomi Jerman juga lebih baik dari ekspektasi. Sementara itu, bursa AS juga ditutup menguat dipimpin saham retail, seperti Urban Outfitters.

Menurut Sucor Invest, penguatan saham ritel juga didorong oleh turunnya harga minyak dunia. "Turunnya harga minyak dunia akan mampu menaikkan penjualan barang-barang konsumsi, dan kepercayaan akan pertumbuhan ekonomi global yang didukung bank-bank sentral," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com