Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Desember, Buruh Ancam Mogok Nasional Lagi

Kompas.com - 28/11/2014, 15:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kalangan buruh mengancam kembali akan melakukan mogok nasional pada 10 – 11 Desember 2014. Isunya, penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), serta menuntut kenaikan upah buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/11/2014) mengatakan, aksi yang dilakukan di 20 Provinsi dan 150 Kota/Kabupaten tersebut bisa melumpuhkan lokasi strategis nasional.

Sebanyak 5 juta buruh akan turut dalam aksi tersebut. KSBSI tak sendiri. Mudhofir mengklaim telah mendapat dukungan dari organisasi buruh lainnya seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), serta Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Bahkan tak hanya dari kalangan buruh, aksi buruh juga akan melibatkan pergerakan mahasiswa, serta lembaga swadaya masyarakat. “Kebersamaan ini perlu di perluas lagi, bukan hanya 3 konfederasi saja. Baju boleh beda tapi isu perburuhan harus bersatu dan kerjasama bersama kritisi pemerintahan Jokowi-JK,” ujar Mudhofir.

Dia menegaskan, saat ini pengaruh pengusaha hitam terlihat semakin kuat, termasuk represifnya aparat Kepolisian yang menjadikan simbol bahwa aparat pro terhadap pengusaha hitam. Pihaknya merasa khawatir akan kembali pada rezim orde baru.

“Inilah alasan kita bersatu bersama. Tak hanya buruh melakukan mogok, tapi mahasiswa juga gelar aksi mogok di kampus-kampus. Kita akan road show di basis pergerakan buruh dan elemen luas ini bersifat jangka panjang,” tandas Mudhofir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com