Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Perekonomian: Kepemimpinan Dwi Soetjipto di Pertamina Diperlukan

Kompas.com - 01/12/2014, 21:17 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil tidak meragukan Dwi Soetjipto dapat membawa PT Pertamina (Persero) menjadi BUMN andal.

Banyaknya keraguan yang muncul lantaran Dwi bukan berasal dari latarbelakang migas, tak membuat Sofyan meragu akan sosok Dwi, mantan bos PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu. Kendati demikian, Sofyan sepakat bahwa Dwi perlu pendamping direksi lebih banyak. Menurut dia, direksi yang ada di bawah Dwi tetap harus orang-orang yang mengerti migas.

“Ya tentu (direksi harus yang mengerti migas), karena beliau (Dwi) diperlukan untuk leadership-nya saja. Yang ahli minyak, nanti dicari dari orang-orang dalam atau orang-orang minyak yang punya keahlian baik,” ucap Sofyan, Senin (1/12/2014).

Menurut Sofyan, untuk BUMN strategis seperti Pertamina, leadership yang baik adalah yang paling utama. “Saya pikir, dialah orang yang tepat untuk saat ini,” imbuh dia.

Sofyan mengatakan, banyak pekerjaan rumah telah menanti Dwi. Masalah kilang-kilang tua dan eksplorasi adalah beberapa yang segera harus dibenahi Dwi bersama tim. Pertamina harus mempersiapkan diri mengambil alih sumur atau blok-blok yang segera akan habis masa kontraknya.

Sebagaimana diberitakan, banyak kalangan meragukan Pertamina di bawah komando Dwi. Tak sedikit pula yang mencurigasi proses terpilihnya Dwi terkesan tidak transparan dan ditutup-tutupi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com