Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Pangkas Rating Surat Utang Perancis menjadi "AA"

Kompas.com - 13/12/2014, 08:10 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Fitch memangkas satu tingkat rating kredit Perancis menjadi "AA" pada Jumat (13/12/2014). Fitch menyatakan langkah Pemerintah Perancis mengurangi defisit fiskalnya telah gagal mencegah penurunan peringkat.

"Prospek lemah untuk ekonomi Prancis merusak prospek konsolidasi fiskal dan menstabilkan rasio utang publik," kata Fitch.

Peringkat AA, atau di bawah -AAA diputuskan meskipun Prancis telah memangkas proyeksi defisitnya untuk tahun fiskal 2015 menjadi 4,1 persen dari sebelumnya 4,3 persen.

"Dengan sendirinya, ini tidak akan cukup untuk secara signifikan mengubah proyeksi Fitch tentang dinamika utang pemerintah Prancis," kata lembaga itu. "Anggaran 2015 melibatkan penurunan signifikan terhadap target defisit anggaran sebelumnya."

Fitch mencatat bahwa rancangan anggaran 2015 memproyeksikan rasio utang pemerintah terhadap PDB akan mencapai puncaknya di level 98 persen pada 2016.

"Fitch memperkirakan rasio utang terhadap PDB mencapai puncak lebih tinggi mendekati 100 persen dari PDB, karena penurunan lebih lambat menjadi 94,9 persen dari PDB pada akhir dekade ini," jelas Fitch

Badan itu mengatakan prospek peringkat stabil, mempertimbangkan tidak ada penurunan peringkat (atau kenaikan peringkat) dalam beberapa bulan ke depan.

Namun dikatakan lembaga ini, proyeksi fiskalnya sendiri untuk risiko ekonomi terbesar kedua zona euro itu sebagian terlalu optimis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com