Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Akan Suntik Rp 2 Triliun untuk Anak Usaha

Kompas.com - 15/12/2014, 10:46 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Bank Mandiri berencana menambah suntikan modal Rp 2 triliun untuk anak usaha non-bank. Suntikan ini diharapkan bisa menggenjot performa usaha lintas unit usaha.

"Rp 1,5 triliun sampai Rp 2 triliun untuk tambahan penyertaan (modal) anak usaha," kata Managing Director and Chief Financial Officer Bank Mandiri, Pahala N Mansury, di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (12/12/2014).

Anak usaha non-bank milik Bank Mandiri, antara lain adalah asuransi Tunas dan AXA Mandiri. Pahala mengatakan, Bank Mandiri ingin anak-anak usahanya tak lagi bekerja laiknya business as usual.

"Kalau AXA, misalnya, selama ini kejar nasabah walk in, ke depan akan kembangkan alternatif channel. Kredit kendaraan bermotor tak akan andalkan Tunas saja tapi pakai (tawaran kredit ke) nasabah Mandiri," papar Pahala.

Menurut Pahala, alokasi dana tersebut adalah di luar nominal yang akan mereka keluarkan untuk akuisisi ataupun suntikan dana ke anak usaha bank seperti Bank Syariah Mandiri. Sejumlah rencana akuisisi menurut Pahala ada dalam rencana kerja Bank Mandiri, tetapi dia menolak menyebutkan lebih rinci soal hal itu.

Adapun soal rencana belanja (capital expenditur/capex) Bank Mandiri pada 2015, Pahala menyebutkan alokasi dana untuk pengembangan teknologi informasi saja akan mencapai 180 juta dollar AS, atau lebih dari Rp 2 triliun. "Untuk non-IT sekitar Rp 1,5 triliun. Total capex sekitar Rp 3,5 triliun lah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com