Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Andrinof Chaniago Gelar Musrenbangnas di Hotel Mewah

Kompas.com - 18/12/2014, 17:38 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Andrinof Chaniago memiliki alasan kuat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional 2014 di salah satu hotel mewah di kawasan Pancoran, Jakarta.

“Di mana gedung pemerintah bisa menampung orang sebanyak ini?” tanya Andrinof retoris, Kamis (18/12/2014).

Sebelumnya, media mempertanyakan alasan penyelenggaraan Musrenbang Nasional 2014 di hotel tersebut karena sudah ada aturan penghematan anggaran. Lebih lanjut, Andrinof pun menjelaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah tetap melakukan penghematan anggaran sebagaimana yang diinstruksikan.

Musrenbang Regional yang dilakukan maraton dari tanggal 6 Desember hingga 16 Desember lalu menggunakan gedung pemerintah. “(Tapi untuk Musrenbang Nasional) kan semuanya dikumpulkan di sini,” imbuh Andrinof.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi telah mengeluarkan surat edaran agar semua kegiatan penyelenggara pemerintah menggunakan fasilitas negara. Surat edaran ini juga melarang penyelenggaraan rapat atau kegiatan dinas di hotel.

Kebijakan penghematan anggaran itu pun menuai berbagai kritik mulai dari karyawan hotel, bahkan Gubernur Sulawesi Selatan pun ingin aturan itu diperlonggar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com