Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari AirAsia, BPPT Terjunkan Kapal Canggih Penemu Adam Air

Kompas.com - 29/12/2014, 13:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menerjunkan satu unit kapal Baruna Jaya IV untuk membantu melakukan pencarian kapal AirAsia.

Menurut BPPT, kapal tersebut merupakan kapal yang memiliki teknologi canggih. "Kami akan membawa kapal yang memiliki peralatan multi eco sounder untuk melakukan operasi visual. Ini belum ada kapal yang membawa peralatan ini di sana," kata Deputi BPPT Ridwan Jamalaudin di Gedung Badan BPPT, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Dia mengatakan, kapal itu memiliki peralatan canggih yang berbeda dari ketujuh kapal yang telah diterjunkan saat ini. Menurut Ridwan, cara kerja eco sounder yang dimiliki kapal Baruna Jaya IV ini akan mampu memancarkan sinyal elektronik di dasar laut. Nantinya sinyal tersebut akan dikonversi menjadi gambar bawah laut. Selain itu, kapal tersebut dapat menangkap gambar di kedalaman laut hingga 2.500 meter.

"Saat ini kami sedang koordinasi. Pak Menko Maritim (Indroyono Soesilo) sedang berbicara dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu mencari pesawat AirAsia yang hilang tersebut. Tapi yang pasti, kami sudah siap apabila pemerintah membutuhkan kapal kami untuk pencarian," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com