Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Turun, BI Nilai Itu Baik Bagi Inflasi

Kompas.com - 02/01/2015, 12:57 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyambut baik penurunan harga BBM yang dilakukan pemerintah mulai 1 Januari 2015. Menurut Agus, kebijakan itu akan berdampak bagus bagi pengendalian inflasi.

"Di tahun 2015, kita melihat pemerintah mengumumkan tentang penurunan harga BBN yang ini akan ada dampak bagus untuk kita bisa mengendaikan inflasi lebih jauh," kata Agus setelah menghadiri pembukaan IHSG tahun 2015, Jakarta, Jumat (2/12/2015).

Pentingnya keputusan penurunan harga BBM, kata Agus, lantaran angka inflasi bulan Desember lalu mencapai 2,47 persen akibat kenaikan harga BBM bersubsidi pada pertengahan November 2014. Namun dengan adanya kebijakan penurunan harga BBM, Agus mengatakan bahwa BI memperkirakan inflasi ini years on Years (YoY) 2015 dalam kisaran 4 plus minus 1 persen.

"Tapi perhatian yang harus diberikan kepada pangan strategis karena kita duga yang namanya musim hujan itu tidak terlalu panjang dan dikawatirkan karena kemarin ini musim hujan datang agak terlambat, panen raya Maret-April bisa mundur," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com