Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Bangun Hotel di Bandara Kualanamu

Kompas.com - 05/01/2015, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) berencana menggarap bisnis perhotelan. Adapun lokasi hotel pertama yang dipersiapkan oleh perseroan berada di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

Hotel tersebut akan dibangun di lantai II Bandara Kualanamu dengan luasan lahan mencapai 6.000-7.000 meter persegi (m²). Semula, lokasi itu dijadikan kawasan perbelanjaan. Namun, setelah dilakukan survei, perusahaan ini memutuskan untuk membangun hotel.

"Di sekitar Kualanamu belum ada hotel. Jadi kami putuskan membangun hotel berbintang 3," kata Rinaldo J. Aziz, Direktur Komersial Kebandarudaraan AP II, kepada KONTAN, beberapa waktu lalu.

Saat ini perseroan dalam proses tender untuk konstruksi dan mencari operator hotel. Untuk tender konstruksi kini masih dalam proses, sedangkan tender operator akan dibuka lagi pekan kedua Januari 2015, karena tender pertama sepi peminat.

Walaupun menggandeng operator, tetapi kepemilikan hotel tetap berada di tangan AP II. Hotel ini diharapkan mengambil pasar penumpang maskapai yang mengalami penundaan keberangkatan pesawat atau sedang transit untuk pindah ke penerbangan lain. "Kami juga berencana bangun mini sinema, ada karaoke, ada fitness,” terangnya.

Untuk investasi hotel ini, Angkasa Pura II memproyeksikan dana sekitar Rp 60 miliar sampai Rp 70 miliar. Hotel berkapasitas 140 kamar tersebut tidak memakan biaya yang besar, karena bangunannya sudah terbentuk. Kontraktor tinggal membuat sekat-sekat dan menyambungkan peralatan elektriknya. (Merlinda Riska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com