Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Karam Ini Jadi Buruan Para Pencari Harta Karun

Kompas.com - 08/01/2015, 09:45 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudirman Saad mengatakan, ada sebuah kapal karam di Indonesia yang diburu oleh para pemburu harta karun.

"Flor de la Mare namanya," kata Sudirman di Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Tak hanya diuber-uber pemburu harta karun, kapal yang diduga milik Portugis dan karam di perairan Indonesia itu pun menyedot perhatian sineas dunia.

Tak tanggung-tanggung, produser film Titanic pun berminat mengabadikan sejarah Flor de la Mare dalam sebuah karya film. "Sudah ada rencana dari produser film Titanic untuk memfilmkan, kalau lokasi (kapal) ditemukan dan diberi izin untuk menyurvei dan mengangkat," ucap Sudirman.

Tak ketinggalan, perusahaan film dokumenter National Geographic juga sudah mengajukan proposal untuk meliput jika nanti Flor de la Mare betul-betul ditemukan dan diangkat.

"Jadi, nilai ekonomi dari benda muatan kapal tenggelam (BMKT) bukan lagi ada pada benda yang ada di kapal itu, melainkan pada sejarah dari kapal itu. Ternyata, nilai ekonomi terbesarnya ada di situ," kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com