Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Teken Kerja Sama Penggunaan Lahan dengan Petrokimia Gresik

Kompas.com - 22/01/2015, 14:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan tambang berbasis Amerika Serikat (AS) PT Freeport Indonesia memutuskan untuk membangun fasilitas pemurnian bijih mineral (smelter) di lahan milik PT Petrokimia Gresik, Gresik, Jawa Timur.

Presiden Direktur Freeport Maroef Sjamsuddin menjelaskan, lahan yang akan digunakan untuk membangun smelter seluas 60 hektar. Namun, Maroef belum menjelaskan apakah lahan Petrokimia Gresik tersebut akan diakuisisi, atau dengan sistem sewa.

Yang jelas, lanjut Maroef, kerjasama dengan Petrokimia Gresik harus memberikan nilai manfaat bagi BUMN tersebut. Dia bilang, ada sulfur acid yang sangat bermanfaat bagi pembuatan pupuk. “Inshaallah siang ini bertemu dengan pimpinan Petrokimia Gresik untuk membahas tentang MoU (Memorandum of Understanding), dan menandatangani MoU,” kata Maroef kepada wartawan di kantornya, Kamis (22/1/2015).

Maroef menambahkan, usai penandatanganan kerjasama dengan pihak Petrokimia Gresik, Freeport akan sesegera mungkin melaporkan perkembangan smelter ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Maroef menjelaskan, ditargetkan smelter sudah bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan pemerintah yakni pada 2017 mendatang. Adapun investasi yang dikucurkan untuk smelter tersebut sebesar lebih dari 2 miliar dollar AS.

“Proyeksi kapasitas produksi smelter yang baru itu lebih kurang 2 juta ton konsentrat per tahun. Kalau digabung dengan yang lama, mencapai 3 juta ton konsentrat. Bisa dibayangkan, berapa besar kita bisa berikan downstream industrinya kepada Petrokimia Gresik,” tukas Maroef.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com