Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Ketenagakerjaan AS Dirilis, Harga Emas di COMEX Melemah

Kompas.com - 06/02/2015, 08:50 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup melemah pada Kamis petang waktu setempat atau Jumat dini hari (6/2/2015), karena laporan ketenagakerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan, mendorong investor beralih ke ekuitas.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 1,8 dolar AS, atau 0,14 persen, menjadi menetap di 1.262,70 dollar AS per ounce.

Pasar ekuitas AS naik pada penutupan Kamis petang setelah data ketenagakerjaan yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan perbaikan. Para analis mencatat bahwa hal ini mendorong para investor pergi ke ekuitas daripada emas.

Namun, turunnya harga emas dibatasi oleh pengumuman dari Bank Sentral Eropa (ECB), yang mengatakan kepada para investor pihaknya tidak akan menerima obligasi Yunani dalam pertukaran untuk pinjaman uang tunai. Analis mengatakan ini telah memicu sebuah perpindahan ke emas sebagai aset "safe haven".

Investor sedang menunggu laporan bulanan ketenagakerjaan AS dari departemen pekerjaan yang akan dirilis pada Jumat. Para analis percaya hal itu akan memberikan informasi lebih kepada investor tentang arah ekonomi AS.

Perak untuk pengiriman Maret naik 19,9 sen, atau 1,14 persen, menjadi ditutup pada 17,196 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 10,8 dolar, atau 0,87 persen, menjadi ditutup pada 1.249,70 dolar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com