Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI : Pertumbuhan Kredit 2015 Capai 15-17 Persen

Kompas.com - 06/02/2015, 19:08 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan kredit akan naik menjadi 15-17 persen akhir tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, di Kantornya, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

"BI memperkirakan pertumbuhan kredit akan naik dari 12 persen tahun lalu menjadi sekitar 15-17 persen," kata Perry.

Menurutnya, ada tiga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kredit, yaitu suku bunga, likuiditas, dan prospek bisnis. "Ada 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kredit. Pertama, suku bunga, kedua likuiditas dan yang ketiga adalah prospek bisnis," kata Perry.

Dia mengakui, untuk faktor suku bunga saat ini masih tinggi. Hal ini dikarenakan pemerintah masih fokus pada pengendoran likuiditas. "Memang sementara ini dari suku bunga masih relatif tinggi sekarang memang masih fokus pada likuiditas. Likuiditas sudah kita kendorkan jadi memang funding dari perbankan tidak masalah untuk menyalurkan kredit," kata Perry.

Menurut Perry, naiknya pertumbuhan kredit baru terasa pada triwulan kedua dan semakin meningkat di triwulan ketiga dan keempat.

"Tapi memang pertumbuhan kredit itu akselerasinya baru akan kelihatan di triwulan 2 triwulan 3 sesuai dengan siklus dari ekspansi fiskal di triwulan satu ini kan baru finalisasi RAPBN-P dan ekspansi fiskal akan naik," jelas Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com