Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Layani Isi Ulang "E-money" di Pintu Tol

Kompas.com - 10/02/2015, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk dan Jasa Marga mengenalkan fasilitas isi ulang e-Toll Card dan mandiri e-money lainnya di gerbang tol sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan.

Pada tahap awal, layanan ini dapat diakses di 11 gardu pada 9 gerbang tol, yaitu Semanggi, Cengkareng, Karang Tengah, Cililitan, Cibubur, Pondok Gede Timur, Bekasi Barat, Meruya Utama, dan Pondok Ranji.

Peresmian layanan terbaru ini dilakukan Senior Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dan Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin di Gedung JMDC Kantor Pusat Jasa Marga, Selasa (10/2/2015).

Fasilitas ini telah diujicobakan di gerbang tol Meruya Utama sejak 14 Oktober 2014 dan mendapat respons positif dari pengguna yang ditunjukkan dengan rata-rata transaksi isi ulang tunai sebanyak 200 transaksi per hari senilai rata-rata Rp 15 juta per hari.

Dengan layanan ini, pengguna jalan tol hanya perlu menyerahkan e-Toll Card atau mandiri e-money lainnya disertai sejumlah uang pecahan Rp 50.000 sampai Rp 300.000 kepada penjaga gerbang tol untuk proses pengisian ulang.

“Kami berharap keberadaan fasilitas ini dapat meningkatkan pemanfaatan e-Toll Card dan mandiri e-money lainnya menjadi 20 persen dari total transaksi di jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga, dari saat ini yang sebesar 14 persen,” kata Rico Usthavia Frans dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Layanan ini, lanjut Rico, merupakan inovasi terbaru perseroan dalam mendukung peningkatan pemanfaatan uang elektronik dalam transaksi pembayaran oleh masyarakat. Selain itu, keberadaan layanan isi ulang ini dapat menjawab kesulitan pengguna e-Toll Card atau mandiri e-money yang kekurangan saldo saat ingin membayar tol.

Saat ini hampir 70 persen dari total transaksi mandiri e-money dilakukan di jalan tol. Hingga akhir Desember 2014, frekuensi penggunaan mandiri e-money tercatat sebanyak 143 juta dengan nilai transaksi Rp1,6 triliun. Adapun jumlah mandiri e-money yang beredar telah mencapai lebih dari 5 juta kartu dengan rasio market share di atas 65 persen.

Direktur Operasional Jasa Marga Hasanudin mengatakan, melalui layanan isi ulang e-Toll Card ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi penggunaan e-Toll Card oleh masyarakat sehingga waktu transaksi di gerbang tol akan semakin cepat.

“Kami akan selalu berinovasi untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam menggunakan jalan tol,” ujar Hasanudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com