Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Valentine, Bursa AS Ditutup Menghijau

Kompas.com - 14/02/2015, 07:45 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Amerika Serikat berakhir menguat pada penutupan pasar dini hari tadi, Sabtu (14/2/2015) waktu Indonesia, menyusul menguatnya harga minyak, optimisme mengenai pembicaraan utang Yunani yang akan mencapai titik temu dan prospek perdamaian di Ukraina.

Indeks S&P 500 berakhir menguat dan mencapai rekor tertinggi pada tahun ini di 2.096,99 setelah menguat 41,52 poin (2,02 persen).

Indeks Dow Jones Industrial Average juga menguat serta menembus level psikologis 18.000 pada tahun ini, tepatnya pada 18.019,35, atau naik 195,06 poin (1,09 persen). Sementara itu indeks teknologi Nasdaq Composite Index bertambah 149,44 poin (3,15 persen) di posisi 4893,84.

"Saat investor menyadari bahwa pasar kemungkinan bakal menguat, saya tidak berpikir bahwa ada masalah krisis di sana," ujar Jack Ablin, chief investment officer pada BMO Private Bank sebagaimana dikutip AFP, Sabtu (14/2/2015).

Kenaikan bursa saham AS mengesampingkan data perekonomian negara tersebut, utamanya penjualan ritel yang mengecewakan pada bulan Januari yang tercatat turun 0,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dalam hal ini, investor lebih banyak memfokuskan diri pada isu harga minyak yang menguat dalam pekan ini. Di pasar AS, harga komoditas tersebut ditutup di atas 50 dollar AS per barel. Investor juga optimistis mengenai pembicaraan damai antara Ukraina dan pemberontak pro Rusia.

"Investor juga percaya bahwa meski Yunani akan lepas dari Uni Eropa, hal itu bukanlah sebuah akhir dunia. Faktanya, katalis perekonomian tetap tumbuh," lanjut Ablin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com