Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 2025, Produksi Konsentrat Nasional Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Industri

Kompas.com - 18/02/2015, 20:29 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar menuturkan, hingga 2025 mendatang produksi konsentrat nasional belum mampu memenuhi kebutuhan industri hilir.

Sukhyar menjelaskan, tahun ini kebutuhan tembaga nasional untuk industri hilir sebesar 780.000 ton. Namun, produksi tembaga nasional saat ini baru mencapai 300.000 ton, yang dihasilkan oleh PT Smelting Gresik, Jawa Timur.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, Sukhyar mengatakan, diproyeksikan produksi konsentrat tembaga pada 2025 nanti mencapai 4 juta ton. Namun, jika dikonversikan menjadi tembaga murni, jumlahnya akan menjadi 1,2-1,3 juta ton.

Meski meningkat, Sukhyar memastikan produksi tembaga nasional ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan industri hilir. Pasalnya, berdasarkan data Kementerian Perindustrian, pada 2025, kebutuhan tembaga untuk industri mencapai 1,68 juta ton. “Jadi ada gap sekitar 300.000 ton. Jadi, masih memerlukan tembaga murni untuk industri hilir. Tapi, kita baru melihat kekuatan yang dihasilkan oleh pemegang Kontrak Karya, belum lagi Izin Usaha Pertambangan,” ucap Sukhyar, Rabu (18/2/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com